Cara Membuat Agar Layar Laptop Terus Menyala

Tutorial kali ini yaitu bagaimana cara mudah agar layar laptop tetap dalam keadaan kondisi menyala, mungkin tips ini cocok bagi kamu yang suka mendownload file file ataupun aplikasi besar, saat proses download tentunya kamu pasti tidak selalu menunggu di depan laptop bukan? sesekali pasti akan  meninggalkan laptop tersebut, entah itu ke kamar mandi, keluar rumah ataupun tidur 🙂

Dilain kasus jika kamu sedang copy data dengan ukuran besar yang membutuhkan waktu lama, tentu cara ini sangat efektif jika kamu terapkan. Dengan membuat layar tetep dalam kondisi menyala, proses copy, salin dan memindahkan data akan berjalan lancar, karena jika layar mati saat proses tersebut besar kemungkinan akan gagal.

Nah kalo terlalu lama memang semua laptop secara default akan mati sementara atau masuk ke mode sleep, dan itu biasanya akan menyebabkan proses download, copy, salin dll akan mengalami eror atau gagal. Dengan cara ini kamu tidak perlu terus di depan laptop, tinggal download file nya, copy, salin, dan pindah data lalu kamu bisa deh sambil tiduran + nonton tv sampai proses download selesai.

Baca Juga : Apa itu Windows Defender? Seberapa Ampuh Sebagai Antivirus

#Cara Agar Layar Laptop Terus Menyala

  1. Pertama Buka Control Panel, untuk windows 7 kamu bisa klik Start lalu pilih Control Panel. Untuk pengguna windows 10, dikolom pencarian ketikkan control panel.
  2. Klik Hardware and Sound
    Cara Membuat Agar Layar Laptop Terus Menyala

    3. Selanjutnya klik Change when the computer sleepCara Membuat Agar Layar Laptop Terus Menyala

    4. Dan ubah semuanya menjadi Never, setelah selesai klik Save changes

    Cara Membuat Agar Layar Laptop Terus Menyala

    Untuk mengembalikan seperti semula tinggal klik Restore default setting for this plan atau bisa diubah menjadi sleep lagi seperti semula.

    Sekarang kamu bisa dengan aman melakukan download tanpa harus didepan laptop terus, karena layar akan terus hidup meskipun kamu tinggalkan selama mungkin hehe. Satu catatan lagi, dengan mengaktifkan opsi ini, resikonya adalah baterai akan lebih mudah terkuras dengan cepat karena layar yang aktif terus.

    Jadi saya sarankan untuk menggunakan opsi tersebut diwaktu waktu tertentu saja atau jika dirasa penting agar baterai laptop kamu tentunya awet tahan lama 😀

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?