Ternyata Programmer Lulusan Informatika Lebih Handal daripada Programmer Otodidak

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh …

Programmer ialah  seseorang yang mengerti dalam bidang pemrograman (coding) dan akhirnya mampu membuat sebuah program atau menyempurnakan suatu program yang nantinya bermanfaat bagi semua orang.

arti programmer
(gambar oleh faculty.kutztown.edu)
Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan teman saya yang berkata “kenapa ya kog lulusan Informatika banyak yang biasa-biasa aja dalam hal progaming, nggak dimanfaatin gitu, eman-eman kan? Malah yang otodidak yang ahli dalam hal pemrograman”.
Oke disini saya akan sedikit menjelaskan menurut pengalaman saya yang belum lama ini juga mencoba bertanya tanya pada teman-teman yang sudah ahli dalam bidang itu, baik otodidak maupun yang sudah lulusan Teknik Informatika.
Menurut saya saat ini jurusan yang paling banyak diminati selain dokter, yang kedua pasti Informatika. Tapi entah itu memang ingin belajar dunia komputer ataupun cuman gaya gayaan + ikut-ikutan. Dunia komputer memang sangat menyenangkan untuk di pelajari, mengingat lulusan Teknik Informatika ini pasti sudah mempunyai teori + praktik untuk bekal yang cukup dalam hal coding. Tapi nyatanya saat ini memang banyak para lulusan ini yang benar-benar tidak memanfaatkan skill nya. Kalau benar-benar dimanfaatin dengan sungguh-sungguh, wah pasti deh tu jadi programmer handal.

Lainnya halnya untuk seseorang yang belajar otodidak dalam dunia komputer, pasti masih kekurangan teori, karena programmer otodidak cenderung langsung praktek tanpa harus teori-teori dulu. Dan nyatanya sepertinya malah lebih ahli daripada lulusan TI, Benarkah ? Yuk kita cek …

    Menurut survey saya ternyata anak Informatika, beberapa hanya sekedar ikut-ikutan, bahkan cuma ingin gelar S.kom, waduh parah banget tu orang (tidak semua lho), sedangkan seseorang otodidak lebih giat apa yang di inginkannya, disini berarti seseorang memang ingin belajar, hal ini kembali pada individu masing-masing yaitu memang bakat yang ingin di capai (wahh….). Jadi disini benarkah fakta tersebut?

    Banyak yang bilang bahwa anak jurusan TI masih ga bisa coding, (jangan sampe ya). Sedangkan kebanyakan seorang otodidak, sudah ahli coding.
    programmer
    (gambar oleh wallconvert.com)
    Nah disini saya ingin meluruskan saja mengenai peristiwa tersebut, jadi biar gak salah paham juga tentang anak TI. Kita kembalikan lagi pada masing-masing individu, seorang programmer yang belajar otodidak berarti disitu dia mempunyai bakat dalam bidang tersebut dan terus mengasah kemampuannya. Berarti benar bahwa seorang otodidak lebih di dorong oleh BAKAT yang ingin di capainya. Seorang otodidak akan mampu  berpikir nalar tentang progaming dengan mudah karena disini memang bakat dan kemauan yang beperan penting. Kalo gak bakat tidak akan seperti itu. Sementara untuk anak Informatika yang mungkin cuman asal asalan ga punya bakat ya pasti kalah dengan seorang otodidak yang pasti berbakat. Sebaliknya jika memang sungguh sungguh belajar di jurusan Informatika pasti akan lebih hebat dari seorang otodidak.

    Programmer lulusan Informatika seharusnya bisa menciptakan program yang efektif dan efisien. Kalau sebuah algoritma dibuat sembarangan tentu tidak akan berjalan stabil. Disini TEORI berperan penting.

    Secara umum tidak semua programmer lulusan Informatika kalah dengan seorang programmer otodidak. Pada dasarnya saya yakin, seharusnya pasti lebih hebat programmer lulusan Informatika TAPI yang memang-memang BERBAKAT, dari pada seorang otodidak, karena disini progammer lulusan Informatika sudah dibekali lebih banyak ilmu, apalagi jika dikembangkan lebih jauh pasti akan menjadi programmer sejati seperti Linus Torvald seorang Master Informatika.

    *SEMUA KEMBALI PADA BAKAT INDIVIDU MASING-MASING*

    Menurut kamu?

    Sekian terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh …

    Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?