Cara Cek Kecepatan Koneksi Jaringan Internet di Android Xiaomi Mi 4i

Koneksi pasti tidak akan luput dari semua ponsel, baik itu ponsel jadul ataupun smartphone saat ini. Setiap masing-masing ponsel pasti yang namanya sebuah koneksi, entah itu koneksi jaringan atau internet, kenapa? karena koneksi jaringan dalam sebuah ponsel merupakan penghubung antara sistem dengan client agar dapat saling bertukar informasi, sedangkan koneksi jaringan internet ialah sebuah koneksi yang berfungsi untuk melayani user mendapatkan informasi yang di cari.

Menelpon, sms dan internet yag pernah kamu lakukan, itu semua merupakan koneksi aktif dalam sebuah ponsel, jadi mustahil lah kalau ponsel tidak memiliki koneksi. Berbicara mengenai koneksi, sebuah koneksi jaringan pasti memiliki kecepatan masing-masing, banyak penyedia layanan seperti Telkomsel, XL, 3 dan lainnya memiliki kecepatan koneksi yang berbeda-beda.

Seperti paket internet misalnya, setiap penyedia layanan tersebut memiliki batasan tertentu dengan harga yang sesuai, jadi bisa kamu pilih paket mana yang memang cocok. Tapi, membeli paket tercepat sekalipun, harus melihat spesifikasi ponsel yang dipakai, ya benar sebuah ponsel juga memiliki batasan maksimum koneksi, jadi meskipun kamu memilih koneksi berkecepatan 100 mbps, tentu mustahil kecepatan itu akan kamu dapatkan. Jadi seusaikan sajalah..

Mengenai pembahasan kali ini, sebenarnya Saya cuma ingin memberikan tutorial mengenai cara cek kecepatan koneksi internet di Xiaomi Mi 4i tanpa aplikasi, iseng iseng lah tulisan diatas saya perbanyak, selain untuk pengetahuan juga, mungkin juga supaya terlihat lebih enak dilihat hehehe.

Oke, jadi Smartphone Xiaomi Mi 4i sudah dilengkapi aplikasi pengecek kecepatan koneksi, kamu tidak usah mendownload aplikasi pihak ketiga lagi. Kamu dengan mudahnya bisa langsung mengecek kecepatan internet.

Catatan : Sebenarnya cara ini hanya mengecek kecepatan saat kamu memakai koneksi saat itu juga, jadi sebelum kamu mulai mengecek nya, terlebih dahulu kamu browsing-browsing lah internet, nah saat membuka halaman internet itulah kecepatan akan dicek oleh aplikasi bawaan ini. Jadi aplikasi ini tidak sama dengan speedtest.net dan semacamnya. Kamu juga bisa tes koneksi Wifi.
 

1. Pertama buka aplikasi Keamanan

menu keamanan xiaomi
 
2. Klik icon Pengguanaan data

 

penggunaan data
3. Klik icon ger, nah disitu kamu juga bisa melihat berapa banyak data/kuota yang sudah kamu pakai.
 
advanced settings security
 
4. Selanjutnya pilih Uji jaringan
 
uji jaringan xiaomi
 
5. Nah selanjutnya disitu kamu akan melihat seberapa cepat koneksi internet kamu. perlu di ingat kembali bahwa proses pengecekan akan berjalan saat kamu menggunakan internet, seperti misal browsing saat itu juga atau saat pengecekan dilakukan. Jadi seperti yang sudah saya bilang tadi, saat kamu memilih Uji jaringan, segeralah lakukan browsing, karena kalau tidak proses kecepatan tidak akan berjalan. hasilnya akan tampak seperti dibawah
tes koneksi android

 

Kamu juga bisa memilih jika ingin mengecek Wifi atau data seluler saja, bisa juga via usb. Jadi kamu pilih saja sesuai apa yang kamu pakai saat itu juga.

Dengan melakukan pengecekan ini setidaknya kamu tahu kecepatan koneksi internet pada ponsel, sekaligus mengetahui bahwa pada ponsel Xiaomi Mi 4i ini kamu bisa pengecekan tanpa aplikasi pihak ketiga, karena aplikasi ini sudah bawaan dari ponsel.
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semua.
Salam,

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?