Cara Mudah Hard Reset Android Xiaomi Mi4i, Bisa juga untuk Xiaomi lain :D

Assalamuā€™alaikum semua, apa kabar ? kali ini Nisa akan memberikan tutorial hard reset Xiaomi Mi4i dengan benar dan mudah untuk diterapkan. Tutorial ini juga saya berikan gambar nya secara detil, agar kalian semua bisa lebih mengerti penerapannya.

Ngomong-ngomong kalo boleh tau kenapa Xiaomi kalian ingin di reset ? rusak, error, lemot atau bervirus ? Ya, mungkin diantara penyebab diatas lah yang membuat kalian berpikir akan mengembalikan ponsel seperti keadaan semula, yaitu keadaan pabrik.

Memang dengan menerapkan Hard Reset terhadap ponsel, tentu akan membuat itu semua sembuh, asalkan tidak rusak di hardware loh ya šŸ˜€ karena kalo rusak hardware atau komponen ponselnya, memakai cara apapun pasti tidak akan berhasil juga. Tapi untuk menganalisa kerusakan nya, lebih baik kalian menerapkan hard reset ini terlebih dahulu, kalau ponsel masih bermasalah, berarti dari segi komponen nya yang rusak.

Dalam artikel ini, saya menerapkan dua metode hard reset yaitu pertama melalui pengaturan ponsel dan yang kedua ialah melalui recovery mode. Nah kenapa saya menerapkan dua metode itu, pertama jika kalian ingin menerapkannya dengan mudah, kalian bisa menggunakan metode pertama, kedua jika kerusakan sedikit parah seperti bootloop, hang atau semacamnya tanpa bisa masuk layar utama, kalian bisa menerapkan metode ke dua yaitu melalui recovery mode. Nah jadi sesuaikan dari kerusakan ponsel nya.

Metode 1

Note : Backup semua file dan aplikasi kalian, karena ini akan menghapus semua data yang ada.

1. Buka pengaturan atau setelan

setelan xiaomi mi4i

2. Setelah itu pilih Setelan tambahan / advanced settings

advanced settings xiaomi

3. Gulir kebawah dan pilih buat cadangan & setel ulang
Ā 

hard reset xiaomi

4. Pilih kembalikan ke setelan pabrik
Ā 

settings pabrik xiaomi

5. Kemudian jangan lupa aktifkan pada ā€œhapus isi yang tersimpanā€ (fungsi tersebut ialah untuk menghapus semua data baik itu, file, dokumen atau aplikasi) karena ini akan mengembalikan ke pengaturan awal pabrik. Kemudian klik Setel ulang telepon.

delete all data

6. Nah terakhir kalian masukkan password / sandi akun Mi kalian kemudian klik Ok.

password for hard reset

Setelah itu tunggu sampai ponsel restart sendiri dan melakukan hard reset. Jadi tunggu saja sampai selesai.
Metode 2
Ā 

Menerapkan metode kedua ini, jika ponsel kalian tidak bisa sama sekali mengakses setelan telepon seperti di atas, atau bisa dibilang hang, bootloop dan sebagainya tanpa bisa masuk layar utama.

1. Pertama tekan dan tahan Volume atasĀ + Power secara bersamaan sampai logo Mi keluar, kemudian lepas tombol tombol power saja (ingat hanya tombol power saja, volume atas tetap di tekan). Sampai Menu Recovery tampil, silahkan lepas tombol volume atas nya.

2. Nah setelah masuk Menu Recovery, pilih bahasa English (untuk memilih, silahkan gunakan tombol volume atas dan bawah, kemudian untuk memilih ialah tombol power).

english recovery mode xiaomi mi4i

3. Pilih Wipe & Reset
Ā 
wipe & reset xiaomi mi4i
Ā 
4. Kemudian Wipe All Data
Ā 
wipe all data
Ā 
5. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk pengahapusan. Klik saja Yes
Ā 
confirm for wipe & reset
Ā 
6. Setelah itu tunggu saja sampai proses hard reset ini selesai, kira-kira 15 menitan saja. Setelah itu akan ada peringatan bahwa proses telah selesai. Selanjutnya pilih Back

wipe complete

7. Setelah itu pilih Reboot
Ā 
reboot
Ā 
8. Nah terakhir pilih Reboot to System
Ā 
reboot after wipe complete
Ā 

Setelah itu tinggal kalian tunggu saja proses restart, kemudian atur ponsel seperti pertama kali beli.

Selesai, seperti itu cara hard reset Xiaomi Mi4i dengan mudah, dijamin deh ponsel kalian akan sembuh dari masalah nya. Nah untuk selanjutnya kalian tinggal install kembali aplikasi yang dibutuhkan saja, jadi jangan terlalu banyak karena salah satu penyebab ponsel lemot ialah banyak nya aplikasi. Pastikan juga sisa memori telepon nya jangan sampai habis. sisakan sekitar 30-40%.

Mengingatkan lagi : Hard reset ini akan berguna jika masalah di software saja, kalo masalah di hardware kemungkinan besar percuma menerapkan hard reset ini, jadi solusinya jika dengan hard reset ini gagal, berarti masalah di hardware, maka kalian harus membawanya ke service untuk penangan lebih lanjut.

Sekian dari saya, terima kasih semoga bermanfaat.
Hard Reset will erase all of your data, All describe operations you are doing at you own risk

Salam,

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?