Cara Jitu Atasi “Windows Script Host access is disabled on this machine.” Update!

Assalamu’alaikum, halo kawan? apa kabar? alhamdulillah….

Oke kali ini Saya akan memberikan tutorial jitu mengenai masalah pc atau laptop, yaitu bagimana mengatasi “Windows Script Host acces is disabled on this machine. Contact your administrator for details“. Mungkin kamu pernah melihat peringatan pop up seperti itu, saat nonton film, main game atau lagi mengerjakan tugas tentu akan sangat mengganggu bukan? baguslah kalian tepat mengunjungi artikel ini.
windows script host

Masalah ini biasanya akan muncul saat laptop baru dihidupkan, dan kemudian ketika di close akan tetap muncul kembali lagi dan lagi. Lalu apa penyebabnya? Ternyata menurut pernyataan disitus Microsoft, peringatan ini muncul karena user mencoba untuk menjalankan script dari sebuah file batch ataupun menggunakan script seperti cscript.exe c:scriptsmyscript.vbs.

Tapi faktanya pengguna tidak menjalankan script script seperti itu, lantas siapa? Ternyata beberapa aplikasi lah yang mencoba menjalankan script script tersebut, seperti VB atau sejenisnya. Nah disini kita bisa memakai fitur yang ada pada Smadav. Smadav memang secara default sudah mempunyai fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host (WSH), tapi secara defaultnya di beberapa kasus kemungkinan smadav menonaktifkan WSH ini, jadi kita harus mengaktifkan fungsi ini kembali. Sebenarnya Smadav mematikan fungsi WSH ini karena dilain kasus juga pengguna memang secara langsung tidak ingin aplikasi-aplikasi menjalankan script dengan sendirinya yang nantinya akan lebih mengganggu.

Jadi saat user ataupun ada aplikasi yang mencoba menjalankan sebuah script tersebut, sedangkan Smadav menonaktifkan fitur WSH ini, nah disitulah peringatan itu muncul bahwa sistem menolak menjalankan script tersebut, karena Smadav sudah menonaktifkannya. Bagaimana untuk mengatasinya? kamu hanya perlu mengaktifkan WSH ini lagi melalui Smadav, karena lebih mudah dari pada metode metode lain. So, … lets do it

1. Pertama kamu klik kanan  icon smadav di sistem tray pojok kanan bawah.
2. Setelah kanan, lalu klik yang “Allow Windows Script & Macro (Forever)” atau jika Smadav kamu bahasa Indonesia “Izinkan Windows Script & Macro (Permanen)“. Setelah itu akan muncul peringatan, klik saja Ok.
allow windows script hostwindows script host allowed
Selesai. Sekarang WSH sudah aktif kembali, kamu bisa sesuka hati ingin menonaktifkan atau mengaktifkan kembali melalui Smadav. Dengan adanya Smadav kita bisa lebih mudah mengontrol Windows Script Host, jika diperlukan atau tidak. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. terima kasih.
Catatan : jika di laptop atau pc kau tidak ada smadav nya, kamu bisa mengaktfikan melalui regedit. Buka regedit, pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindows Script HostSettings kemudian pada Enabled klik dua kali, lalu isikan angka 1. Jika kesulitan Saya sarankan lebih baik menggunakan aplikasi Samadav saja karena memang lebih mudah karena jika memakai metode regedit terkadang pop up tersebut masih muncul.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?