Cara Jitu Nonaktifkan Windows Update dengan Mudah (Permanen)

Windows update merupakan fitur bawaan windows yang berfungsi untuk jika ada pembaruan-pembaruan terbaru dari sistem windows itu sendiri. Pembaruan ini berisi program yang sangat dibutuhkan oleh sistem untuk keamanan, mulai dari keamanan sistem, aplikasi, dll. Microsoft memberikan update jika ada bug atau masalah pada program yg sebelumnya sudah ada sehingga membutuhkan pembaruan melalui windows update ini.

Pembaruan yang biasanya tersedia, tidak hanya program untuk sistem saja, tetapi untuk aplikasi dan driver juga akan tersedia jika windows kamu belum ter update sama sekali seperti aplikasi Microsoft Office akan tersedia update service pack, juga beberapa driver seperti touchpad dll. Jadi itu adalah memang kewajiban Microsoft untuk memberikan update bagi kamu para pengguna setia windows 🙂

Tetapi dibeberapa kasus, banyak pengguna mengalami masalah saat mengupdate windows nya seperti masalah yang paling umum adalah STUCK. Iya memang benar stuck saat update windows memang sering kali terjadi bahkan mungkin bisa dibilang rata-rata pasti pernah mengalami stuck jika mengupdate melalui windows update, benar? 😁 tentu. Stuck atau macet akan terjadi nih menurut pengalaman Saya karena “Windows Update ini” otomatis mendownload dan mengupdate semua program dalam waktu sama jika terhubung wifi. Di kasus lain juga katakanlah windows update ini sudah disettting untuk tidak mengupdate otomatis, tapi dilakukan manual oleh pengguna, dan pengguna mengupdate semua program secara langsung, ya normalnya jika baru pertama install ulang, update biasanya akan tersedia puluhan sampai ratusan program dan itu bisa lebih dari 2GB, padahal bisa di pilih dulu dengan cara centang program yang ingin di download atau update. Tapi kebanyakan bagi pengguna awam mungkin tidak mengetahui bahwa windows update bisa di setting untuk memilih update sesuai yang dipilih user.

Mengenai permasalahan tadi, bagi orang awam memang sedikit jengkel jika mengalami kasus tersebut, karena jika stuck nya sudah parah dan membuat error sistem, windows malah bisa jadi tidak bisamasuk layar, yang ada hanya mentok di startup saat update windows. Jadi Solusinya jika ingin mengupdate Saya sarankan secara manual saja dan jangan langsung centang semua, pilih sedikit demi sedikit 3-5 program centang sudah cukup, begitu seterusnya, sehingga ini tidak akan membuat windows stuck saat nanti menginstall update karena sistem tidak akan terbebani oleh banyaknya instalasi dalam satu waktu. Jadi windows update ini penting dilakukan tentunya untuk kemanan sistem. Tapi bagi kamu yang tidak ingin ribet mengenai windows update ini, bisa kok fitur ini kamu matikan dengan mudah, masih tetap ingin menonaktifkan? Oke berikut tutorialnya, simak baik-baik 🙁

Menonaktifkan windows update tidak saya sarankan, mengingat update adalah yang terbaik untuk keamanan sistem windows, lebih baik penonaktifan ini hanya untuk sementara, lakukanlah update secara manual jika sempat.

1. Buka Local Group Policy Editor, tekan Windows + R, lalu ketikkan gpedit.msc lalu OK.gpedit.msc
2. Setelah masuk, pilih bagian Administrative Templates → Windows Components, lihat panahadministrative templates
3. Setelah itu pilih Windows Update, dan pada bagian “Configure Automatic Updates” klik dua kali lalu centang dibagian Disabled. lalu OK.
windows update is disabled
Selesai, Windows Update sudah dinonaktifkan secara permanen dan tidak akan berjalan otomatis lagi.
Seperti itu cara menonaktifkan windows update dengan mudah, supaya untuk sementara kalian tidak dipusingkan munculnya update otomatis. Saya ingatkan kembali untuk membaca tips tadi, yaitu jika ingin mengupdate tanpa error sebaiknya lakukan secara manual, yaitu pilih dulu beberapa program yang akan di update jangan langsung semua, ini akan meminimalisir terjadinya stuck dan error.
Sekian terima kasih jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.
Salam, Admin

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?