Cara Menyatukan/Menggabungkan Subtitle ke Dalam Film dengan Mudah

Kali ini Saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menyatukan atau memasukkan sebuah subtitle kedalam film dengan mudah, cocok untuk pemula. Sebuah film tidak lengkap rasanya jika tidak memakai subtitle bahasa kita sendiri, ya dengan subtitle kita bisa lebih mudah mengerti apa arti dari sebuah film tersebut. Memang,  tanpa menyatukan film dengan subtitle secara permanen, kita sudah bisa memasukkan subtitle sementara dengan cara mengubah nama subtitle persis seperti nama filmnya, dengan itu kita sudah bisa menikmati film dengan subtitle, tapi bagaimana jika subtitle ingin kita buat permanen? atau dengan kata lain, subtitle tersebut langsung kita buat jadi satu dengan film.

Ada dua cara jika kalian ingin menyatukan film secara permanen, yang pertama adalah mengconvert film dengan software video converter, dan yang kedua adalah multiplexing dengan software MKVToolnix. Apa perbedaannya? memasukkan subtitle dengan metode convert memang cara jitu agar subtitle menyatu dengan film secara permanen, jadi subtitle akan merekat permanen dengan film tersebut meskipun dengan cara apapun kita ingin menghilangkannya kembali. berbeda dengan metode multiplexing, kita bisa menyatukan subtitle secara permanen juga, tapi dikasus lain jika kita ingin mencopot atau menghilangkan lagi subtitle tersebut, kita bisa mencopotnya dengan mudah, dan tentunya dengan software yang sama.

Disini Saya akan buat tutorial cara menggabungkan subtitle ke dalam film dengan bantuan MKVToolnix, jadi subtitle tidak akan merekat permanen, jika ingin mencopotnya maka kita dengan mudah bisa menghilangkkanya. Jika ingin secara permanen, kalian bisa dengan mudah menggunakan metode convert film, dan add subtitle ke dalam film tersebut, selesai.

Oke lanjut saatnya kita mulai proses penambahan subtitle ke dalam film dengan mudah, simak baik-baik

1. Pertama sediakan aplikasi MKVToolnix, bisa kalian dapatkan disini (pilih saja yang portable sesuai versi bit kalian)
2. Ekstrak aplikasi tersebut, dan jalankan aplikasinya dengan cara run di bagian “mkvtoolnix-gui”

mkvtoolnix-gui
3. Lalu akan muncul tampilan dari aplikasi tersebut, lalu klik pada bagian “add sources files” lalu “add files” dan pilih film dan subtitle yang ingin dijadikan satu, ( atau kalian bisa langsung drag and drop film dan sub ke dalam aplikasi)mkvtoolnix
add film and sub
4. Selanjutnya tinggal kalian klik Start multiplexing, oh iya jangan lupa pastikan di bagian tracks, chapter and tag sudah terisi subtitle, yaitu dengan nama biasanya SubRip, Substationalpha, dan lainnya, asalkan ada tulisan Sub. lihat gambar dibawahsources files
5. Tunggu sampai proses selesai, hanya sebentar sekitar 30 detik sampai 1 menit saja, setelah selesai film yang sudah digabung denga subtitle akan ditandai dengan (1) dibelakang nama film.mkvtoolnix progressmkvtoolnix done
6. Selesai silahkan kalian tes film tersebut, jika berhasil akan muncul subtitlenya secara otomatis tanpa bantuan sub .srt lagi.
Seperti itu cara mudah menyatukan film dengan subtitle dengan mudah, cukup simak baik-baik pasti akan berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan dikolom komentar.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?