Apa itu Clipboard? Dan Bagaimana Cara Simpan History Teks Hasil Copas di Windows 10 (Clipboard History)

clipboard

#Apa itu Clipboard?
Clipboard merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk menyalin atau memindahkan data dari satu tempat ke tempat lain, termasuk ke dalam aplikasi. Pada dasarnya saat kamu coba mengcopy, cut ataupun memindahkan data dari suatu tepat ke tempat di komputer atau laptop terlepas itu berupa teks, hyperlink, gambar atau appaun itu, file salinan yang kamu copy itu akan tersimpan sementara di memori sistem dan itu tentu tidak akan terlihat secara kasat mata. Nah tempat dimana data yang kamu copy, cut atau move dari satu tempat di komputer dikenal dengan clipboard. Setiap data yang kamu copy, cut dan move akan disimpan dalam 1 waktu saat itu juga di dalam clipboard, Namun clipboard ini akan mereset atau menghapus secara otomatis setiap kali sistem dinyalakan ulang.

Di sistem windows mempunyai clipboard tapi tidak dengan clipboard histori. Clipboard histori adalah sebuah fungsi dimana kamu bisa menyimpan hasil copy, cut sebelum-sebelumnya, analoginya seperti ini

Saat kamu mencoba copy paste di internet, teks tersebut tentu akan tersimpan ke dalam clipboard, lalu kamu bisa mem pastenya ke aplikasi lain misal word, excel dll. Kemudian kamu coba copy lagi teks lain, dan ingin di salin ke aplikasi lain juga. Tapi di satu waktu kamu ingin lagi mengcopy teks yang pertama kamu salin tadi, nah disini fungsi clipboard histori berperan. Biasanya kan teks akan tertimpa atau terganti dengan teks baru yang copy diwaktu terakhir, nah dengan clipboard histori ini kamu masih bisa menyalin teks yang pertama kamu salin tadi, begitupun teks-teks berikutnya, history teks yang pernah kamu salin akan tersimpan di clipboard.

Dulu di sistem windows (selain windows XP) tidak memilik fungsi clipboard histori, alhasil dibutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menerapkan fungsi ini, termasuk di awal-awal rilis windows 10 masih belum mempunyai fitur clipboard histori ini. Tapi di pembaruan terbaru ternyata Microsoft menyematkan fitur ini dimana kamu dapat melihat history yang tersimpan di clipboard, menyematkan item yang sering digunakan bahkan menyinkronkan clipboard di seluruh pc dengan akun yang sama.

#Bagaimana Cara Melihat Histori Clipboard Sebelum-sebelumnya di Windows 10?
Fitur ini hanya ada di windows 10 versi 1809 ke atas atau lebih baru, versi di bawah itu masih belum ada. Secara default fitur clipboard histori ini tidak aktif, jadi kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Pertama buka Pengaturan
Lalu pilih System

clipboard
 
Lalu gulir sedikit kebawah kamu akan menemukan Clipboard History langsung pilih saja, lalu hidupkan pada tanda yang Saya beri panah

clipboard history on<

Selesai, jika ingin menyinkronkan clipboard ke akun Microsoft kamu, silahkan kamu Sign in ke akun kamu, jika tidak dibiarkan saja.
Sekarang bagaimana cara mengakses atau melihat clipboard histori? Caranya udah kamu tinggal tekan kombinasi tombol logo Win+V akan muncul layar clipboard history

clipboard on

Kamu bisa klik salah satu history yang kamu ingin paste saat itu juga, kemudian kamu juga bisa menyematkan, dan kamu juga mengahapus salah satu histori atau semua. Oh iya tidak hanya teks saja ya, foto juga akan terhistori disitu.
Lalu bagaimana cara untuk mengahapus clipboard histori selamanya? tentu kamu juga harus membersihkan jika sudah terlalu banyak bukan? nah caranya cukup klik Clear, ingat tindakan ini akan menghapus histori selamanya,baik itu di komputer dan di akun Microsoft kamu.
clipboard clear
Bagaimana mudah bukan? jika ada pertanyaan silahkan berkomentar

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?