Cara Flash/Install Ulang Xiaomi Mi 4i Dengan Benar (bisa juga untuk Xiaomi lain)

fastboot

Oke kali ini Saya akan memberikan tutorial flashing Xiaomi Mi 4i dengan sempurna. Sebelumnya kenapa harus di flash? Flash dilakukan sebagai cara terkahir jika sebuah smartphone mengalami masalah serius yang sudah tidak bisa diatasi dengan factory reset/reset pabrik.

Seperti masalah bootloop, kerusakan sistem karena virus, tentu harus kita flash, karena masalah tersebut bisa dikatakan cukup serius, tapi jika masalah seperti lemot, hang dan lainnya, melakukan reset pabrik sudah cukup.

Ada beberapa kasus meskipun sudah kita reset pabrik (factory reset) masalah masih tetap muncul, nah ini kemungkinan masalah sudah cukup serius, bisanya masalah tersebut sudah menjalur ke sistem yang membuat smartphone tidak normal meskipun sudah di reset pabrik.

Jadi Saya sarankan, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, sebelum teman-teman semua ingin memflash, sebaiknya gunakan saja hard reset atau factory reset terlebih dahulu, separah apapun masalah nya, sebaiknya teman-teman hard reset atau factory reset saja, baru jika setelah factory reset masalah masih terjadi, flash adalah jalan terbaik.

Nah di Xiaomi ini, flashing ini di istilahkan fastboot, fasboot ini merupakan akses ke dalam akar sistem yang gunanya untuk memodifikasi sebuah sistem, juga bisa untuk flash ini.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk flashing di Xiaomi, yaitu melalaui Mi Recovery, Updater dan Fastboot. Sedikit saya jelaskan perbedaan diantara ketiganya yaitu

  • System Recovery, kalian bisa memflash tanpa harus menggunakan laptop, cukup download firmware, simpan di memori internal, mengubah namanya menjadi update.zip, setelah itu masuk ke recovery mode lalu  install update.zip.
  • Jika melalui System Update kalian cukup download firmware, simpan di internal lalu pilih fitur Updater di Xiaomi, selesai.
  • Fastboot merupakan fungsi yang cukup luas, selain bisa memflash, kalian juga bisa memodifikasi sistem (tentunya harus tau seluk belum dalam android) dan harus menggunakan komputer. Memflash dengan fastboot, ialah mengganti OS sampai ke akar akarnya (full ROM), dengan kata lain sampai bersih, berbeda jika melalui Mi Recovery dan Updater yang hanya sekedar mengupdate atau mereplace OS saja, tidak full sampai bersih, karena jika melalui recovery dan updater ini, kondisi sistem smartphone sebenarnya masih aktif.

Setiap masalah dalam smartphone ialah berbeda-beda, jadi ada yang cukup di hard reset smarphone sudah menjadi normal, tapi dilain kasus masalah tersebut tetap ada dan memang membutuhkan flash. Ingat! flash ini akan menghapus semua data.

Let’s do it ….

Persiapan Bahan

  • Mi Flash Tool, disini
  • Firmware Xiaomi (full ROM) Xiaomi Mi 4i terbaru disini nanti ada beberapa tipe rom, pilih yang Global Stable Miui Rom For Xiaomi Mi 4i yang tipe fastboot bukan recovery, untuk Xiaomi lain silahkan disini
  • Kabel data dan Laptop.
Oke langsung kita mulai praktek nya
1. Install Mi Flash Tool, tinggal klik Next install seperti biasa. Jika muncul seperti gambar dibawah silahkan pilih yang “Install this driver software anyway” lalu tunggu sampai selesai
installing mi flash tool

2. Buat sebuah folder baru di D atau E terserah dengan nama sembarang, ex: folder “MiFlash”, ingat : folder baru tidak boleh berspasi ex: “Mi Flash”. Karena jika folder baru di beri spasi, nanti proses flashing pasti akan error, atau gagal.

3. Extrak firmware ke folder baru yang sudah dibuat tadi dengan cara klik kanan, lalu Extract files.. lalu cari folder yang sudah dibuat tadi.
Cara Flash/Install Ulang Xiaomi Mi 4i Dengan Benar (bisa juga untuk Xiaomi lain)

4. Setelah itu buka MiFlash Tool nya, kemudian klik Select lalu cari file firmware fastboot nya di folder tadi. Setelah itu matikan ponsel, kemudian masuk ke mode fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Volume bawah + Power sampai muncul logo robot memperbaiki sesuatu seperti ini, lalu colokkan ponsel ke laptop atau komputer.
mode fastboot
Setelah itu kembali ke Mi Flash Tool nya, lalu klik refresh untuk mendeteksi ponsel sudah terhubung atau tidak, jika sudah terhubung ditandai dibagian id, device seperti dibawah,
device connecting
Oiya jangan lupa dibagian paling bawah panah itu, panah 1 pilih yang clean all dan panah 2 pilih flash_all.bat
mi flash tool configuration
Selanjutnya klik Flash, untuk memulai proses flashing. ini screenshot yang Annisa ambil saat proses berlangsung, tunggu saja ya sampai selesai.
flashing progress
Jika flashing sudah selesai, dibagian progress tanda hijau akan full, dan dibagian result tertulis success
flash finish
Setelah proses selesai, ponsel akan reboot dengan sendirinya, silahkan cabut saja kabel datanya. Selanjutnya silahkan kalian setting ponsel seperti semula layaknya ponsel baru
finish after flashing

Bagaimana mudah bukan? Flashing ini tentunya cara paling ampuh untuk masalah-masalah yang  ada pada smartphone. Selanjutnya teman-teman tinggal install kembali aplikasi yang dibutuhkan. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk menghubungi Saya.

Jika masih bingung berikut saya sertakan videonya

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?