Cara Memulai Blog Dari Nol Sampai Cuan (Untuk Pemula)

Cara Memulai Blog Dari Nol Sampai Cuan (Untuk Pemula)
Cara Memulai Blog Image by: pixabay/StartupStockPhotos

Blog adalah sebuah situs web yang berisi tulisan-tulisan digunakan untuk berbagi informasi, opini, atau cerita. Blog biasanya berisi tulisan tentang berbagai macam topik, mulai dari hobi, opini, berita, bisnis dan lainnya.

Di era digital ini, blog menjadi salah satu platform yang populer untuk berbagi informasi dan salah satu cara untuk menghasilkan uang.

Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagi pemula bagaimana cara memulai blog dari nol sampai bisa menghasilkan cuan.

Apa Fungsi Blog?

Sebagai Media Ekspresi dan Kreativitas

Blog dapat digunakan sebagai media untuk mengekspresikan diri, hobi dan kreativitas. Misalnya, jika kamu memiliki hobi menulis, blog dapat menjadi sarana (wadah) untuk menuangkan ide dan pemikiran.

Sebagai Media Berbagi informasi

Blog dapat digunakan untuk berbagi informasi dengan orang lain. Misalnya, jika kamu memiliki pengetahuan atau pengalaman tertentu, kamu dapat menulis blog untuk membagikannya kepada orang lain.

Sebagai Media Promosi

Blog dapat digunakan untuk mempromosikan produk, layanan ataupun jasa. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis jual beli, kamu dapat membuat blog untuk mempromosikan produk atau layanan kamu.

Selain itu, blog bisa kamu gunakan sebagai portofolio jangka panjang. Hal tersebut berguna jika suatu saat kamu memerlukan pengakuan atau bukti dari keterampilan kamu.

Manfaat Blog

Memperluas Jaringan Pertemanan

Blog dapat membantu kamu untuk memperluas jaringan pertemanan. Misalnya, jika kamu menulis blog tentang hobi, kamu dapat bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama dengan kamu.

Membangun Personal Branding

Blog dapat membantu kamu untuk membangun personal branding. Misalnya, jika kamu memiliki blog tentang bisnis, blog tersebut dapat membantu kamu untuk membangun kepercayaan dari calon pelanggan atau konsumen.

Mencari Cuan

Blog dapat menjadi sumber penghasilan. Kamu dapat memasang iklan di blog kamu atau menjual produk, layanan dan jasa melalui blog. Kamu juga bisa memonitize blog kamu dengan menjadi publisher di jaringan periklanan seperti Google Adsense, MGID, Adsterra, dll.

Tips dan Cara Memulai Blog dari Nol Sampai Cuan!

Jika kamu tertarik untuk memulai blog, berikut ini tips dan caranya:

1. Tentukan Niche Blog

Langkah pertama adalah menentukan niche blog. Niche adalah topik spesifik yang menjadi fokus blog kamu. Dengan menentukan niche, kamu dapat menulis konten yang lebih relevan dan menarik bagi pembaca.

Salah contoh niche yang cukup bagus adalah tentang teknologi, kuliner, wisata travelling, kecantikan, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada banyak cara untuk menentukan niche blog kamu. Kamu dapat memulai dengan menulis daftar topik yang kamu sukai dan kuasai. Kemudian, pilihlah topik yang paling di sukai dan memiliki potensi untuk menarik pembaca.

Seperti contoh kamu mempunyai keahlian dibidang komputer, maka buatlah artikel tentang teknologi. Artikel bisa bersifat tutorial, informasi dan tips. Jadi kamu bisa fokus untuk satu niche saja sesuai keahlian kamu.

Atau bagi kamu yang tidak mempunyai keahlian khusus, blog dengan niche gado-gado dapat menjadi pilihan. Niche tersebut merupakan topik acak alias campuran yang artinya terdapat berbagai macam topik dalam satu blog.

Kamu bisa menulis sesuai ide dan pikiran yang tiba-tiba muncul, seperti contoh kamu terpikir tentang resep, maka tulislah resep. Jika lagi terpikir wisata, tulislah wisata. Hal tersebut tidak akan membuat kamu bingung seperti jika memakai satu niche saja.

2. Pilih Platform Blog

Ada banyak platform blog yang tersedia, seperti Blogger, WordPress, dll. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Blogger adalah platform blog gratis yang dikelola oleh Google. Blogger sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula.

WordPress adalah platform blog open source yang lebih kompleks daripada Blogger. WordPress menawarkan lebih banyak fitur dan fleksibilitas, tetapi juga membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis.

3. Menentukan pilihan Domain dan Hosting

Kamu perlu mendaftar domain dan hosting untuk persiapan blog kamu. Domain adalah alamat website kamu seperti .com, .id, .net, .org, dll, sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file-file website kamu.

Apabila kamu seorang pemula, kamu bisa mencoba domain dan hosting gratisan dulu seperti di blogger dan wordpress.com.

Baru setelah blog kamu berkembang, silahkan membeli domain agar blog kamu terlihat lebih profesional. Selain itu membeli hosting juga sangat bagus untuk keamanan dan kelancaran trafik blog kamu nantinya.

4. Buat Desain Blog

Setelah memilih platform blog dan domain serta hosting, kamu dapat mulai membuat desain blog kamu. Desain blog yang menarik akan membuat pembaca lebih betah untuk mengunjungi dan membaca blog kamu.

Kamu dapat menggunakan tema atau template untuk membuat desain blog agar lebih menarik. Ada banyak tema atau template gratis maupun berbayar yang tersedia di internet.

5. Menulis Konten Berkualitas

Konten adalah jantung dari sebuah blog. Konten yang berkualitas akan menarik pembaca dan membuat mereka kembali lagi ke blog kamu.

Pastikan konten kamu informatif, menarik, dan bebas dari kesalahan seperti hoax, nipu, dll. Kamu juga dapat menggunakan gambar dan video untuk membuat konten lebih menarik.

6. Terapkan SEO (Search Engine Optimization)

Kamu perlu menerapkan SEO ke dalam blog kamu agar blog kamu dapat bersaing dengan situs situs lainnya.

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan keterlihatan dan peringkat blog di mesin pencari. SEO terdiri dari dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page. Jika kamu masih belum paham, silahkan baca artikel berikut Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page dam Cara Penerapannya

Dengan menerapkan SEO yang benar, bukan tidak mungkin situs kamu akan bertengger di halaman atas mesin pencari.

7. Promosikan Blog

Setelah memiliki konten berkualitas, kamu perlu mempromosikan blog agar lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Kamu dapat mempromosikan blog kamu melalui media sosial, forum, dan email.

6. Monetisasi Blog (Hasilkan Uang)

Di awal-awal, saya sarankan kamu untuk tidak memikirkan cuan dari blog dulu. Fokuslah untuk menulis konten berkualitas secara rutin. Bangun terlebih dahulu trafik atau pengunjung sebanyak mungkin.

Setelah blog kamu memiliki cukup pengunjung, kamu dapat memulai monetisasi blog. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog, seperti menjadi publisher iklan, afiliasi, dan menjual produk digital.

Salah satu contoh periklanan yang bagus adalah Google Adsense, MGID, Adsterra, dan masih banyak lagi. Silahkan kamu bisa searching berbagai jenis periklanan yang bagus. Saya sarankan kamu bisa mencoba menjadi publisher Google Adsense dan mulai menghasilkan uang!

Tips Agar Blog Mendapatkan Banyak Pengunjung (Trafik)

Mulailah Secara Perlahan

Jangan terlalu ambisius di awal. Mulailah dengan membuat blog sederhana, perlahan dan fokus pada satu topik.

Konsisten Menulis

Kunci sukses blog adalah konsistensi. Kamu perlu menulis konten secara rutin agar blog kamu tetap aktif dan menarik pengunjung. Google menyukai blog yang aktif mengupdate kontennya.

Ikuti Perkembangan

Ikuti perkembangan tren di industri blogging. Dengan mengikuti tren, kamu dapat membuat konten yang lebih relevan dengan minat pembaca.

Bersabarlah

Jangan mengharapkan kesuksesan blog kamu datang dalam semalam. Butuh waktu dan usaha untuk membangun blog yang sukses.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cara memulai blog dari nol sampai cuan. Dengan begitu, kamu sudah mempunyai gambaran kedepan bagaimana memulai blog yang benar sehingga nantinya bisa menghasilkan uang dengan sendirinya.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat ūüôā

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?