Penjelasan Lengkap Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT, Mana Yang Lebih Baik?

Penjelasan Lengkap Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT

Saat kamu ingin memformat sebuah drive eksternal, flashidisk, ataupun kartu memori, windows akan memberikan pilihan beberapa jenis partisi FAT32, NTFS dan exFAT. Kamu harus memilih salah satu jenis partisi untuk drive yang ingin kamu format. Jadi jika kamu bingung mana format yang lebih cocok untuk drive kamu, jangan khawatir di artikel kali ini saya akan mencoba mengupas tuntas perbedaan antara ketiga jenis partisi tersebut.

#FAT32

Fat32 merupakan jenis partisi yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 1977, jadi jenis partisi ini merupakan yang tertua di antara jenis partisi NTFS dan exFAT. Flashdisk yang kamu beli pada umumnya akan berformat Fat32, kenapa? karena jenis partisi ini adalah yang populer pada jamannya, tentu banyak mendukung atau kompatibel dengan berbagai jenis sistem operasi dan perangkat elektronik, bahkan sampai jaman sekarang, seperti contoh masih mendukung rata-rata perangkat TV yang ada, game console dan banyak perangkat elektronik lainnya yang memiliki port usb.

Fat32 memiliki batas ruang penyimpanan, jadi kamu hanya dapat menyimpan file tunggal dibawah 4GB, jika kamu mencoba menyimpan file tunggal diatas 4GB seperti misal ingin mengcopy game PES biasanya akan ada peringatan File too large for destination file system, yang artinya file terlalu besar untuk jenis partisi sistem tujuan (flashdisk). Selain itu, Fat32 juga memiliki keterbatasan kapasitas, artinya jika kamu ingin memformat sebuah drive ke jenis Fat32, kapasitas drive harus dibawah 8TB, jika kamu memiliki drive dengan kapasitas lebih dari 8TB, tentu harus memilih jenis partisi lain selain Fat32. Satu lagi kelemahan dari fat32, untuk versi windows terbaru biasanya tidak akan bisa di install ke jenis partisi Fat32 ini.

Kesimpulan FAT32, cocok bagi kamu yang menggunakan drive portable seperti flahdisk, harddisk eksternal dan ingin digunakan untuk  perangkat lain seperti TV, audio mobil dan perangkat portable lainnya, gunakanlah format partisi Fat32. oh iya, Fat32 juga merupakan jenis partisi default dikebanyakan rata -rata drive portable saat ini.

#NTFS

NTFS merupakan singkatan dari New Technology File System, dibuat oleh Microsoft dan diperkenalkan pada tahun 1993, dan saat ini NTFS merupakan file sistem yang paling banyak digunakan, biasanya digunakan untuk kebanyakan drive internal ataupun partisi aktif seperti sistem C di windows. Biasanya jika kamu menginstall windows, pasti dengan format NTFS. NTFS memiliki batasan kapasitas file dan kapasitas partisi yang sangat besar bahkan hampir tidak memiliki batas ukuran hehehe.

NTFS biasanya digunakan untuk kebanyakan harddsik saat ini, selain karena fitur keamanan yang baik, NTSF mempunyai banyak fitur lain seperti disk quota limit, recovery dan lainnya. Meskipun mempunyai banyak kelebihan, jenis partisi NTFS ini juga memiliki kekurangan, yaitu masih banyak perangkat yang belum mendukung jenis partisi ini, OS Mac dan linux misalnya hanya dapat membaca saja tidak dapat digunakan seperti halnya di windows yang bisa edit dan copy paste file. Juga  TV, audio mobil biasanya belum support untuk jenis file sistem ini.

Kesimpulan NTFS, dibuat untuk menyelesaikan kekurangan dari fat32 tadi, tentu juga mempunyai kekurangan yang tidak semua perangkat mendukung sistem ini. NTFS ini cocok untuk sistem operasi windows dan drive internal maupun eksternal dengan kapasitas yang besar, yang tentunya tidak untuk pindah-pindah ke perangkat lain ya gengs karena belum tentu support.

#exFAT

exFAT singkatan dari Extended Allocation Table, merupakan jenis format file sistem yang tergolong baru, diperkenalkan pada tahun 2006 oleh Microsoft. Diciptakan sama seperti Fat32 hanya saja memiliki kelebihan, yaitu memiliki batas ukuran file dan partisi yang sangat besar, jadi bisa menyimpan file tunggal lebih dari 4GB dan ukuran partisi yang sama seperti NTFS, tapi tidak untuk fitur NTFS lainnya, hanya sama di kapasitas saja. Jadi exFAT ini hanya peningkatan kecil saja dari Fat32 yaitu dari segi kapasitas penyimpanan saja.

Tidak seperti NTFS, Mac Os dan Linux mendukung penuh jenis format file sistem ini, kamu tidak hanya bisa melihat atau membaca saja melainkan bisa mengedit file seperti dokumen word, excel, power point dan tentunya bisa mengcopy file. Meskipun demikian, tampaknya masih ada beberapa perangkat yang tidak mendukung format ini seperti Microsoft Xbox 360, Playstation 3 dan beberapa perangkat jadul.

Kesimpulan exFAT, sama seperti Fat32 cocok bagi kamu yang menggunakan drive portable seperti flashdisk, dan ingin digunakan untuk  perangkat lain seperti TV, audio mobil dan perangkat portable lainnya tanpa batas ukuran. Jadi kamu lebih leluasa menggunakan drive portable kamu seperti flashdisk dengan batas ukuran penyimpanan yang tidak sekecil Fat32.

Kesimpulan Umum, Mana Yang Lebih Baik?

Semua jenis format partisi file sistem yang sudah dibahas diatas tentu memliki kelebihan dan kekurangan masing, tergantung kita mau menggunakan untuk apa drive yang kita punya. Jika untuk perangkat tv dan audio mobil misal seperti yang sudah saya jelaskan tentu Fat32 cocok karena mendukung banyak perangkat.

NTFS cocok digunakan untuk drive internal seperti harddisk windows dalam artian tidak untuk pasang colok karena memang format ini masih belum mendukung banyak perangkat. Beda halnya lagi untuk jenis format exFAT, bisa digunakan banyak perangkat tapi tidak se populer Fat32 yang sudah mendukung banyak perangkat jadul sampai perangkat modern. exFat hanya menang di ukuran kapasitas yang lebih besar dari Fat32.

Jadi semua itu tergantung kebutuhan kita, tidak serta merta karena NTFS memiliki kelebihan dan fitur lengkap dan kamu akan menggunakannya. Jadi sesuaikan saja, jika kamu ingin mencolokkan ke tv atau perangkat lain tentu Fat32 lah yang akan mendukung itu. Intinya kamu bisa memformat drive kamu ke format Fat32, NTFS dan exFAT sesuai yang dibutuhkan perangkat elektronik kamu kompatible dengan jenis format yang mana. Tapi saya sarankan kamu lebih baik memiliki drive masing-masing satu dengan ketiga format itu wkwkwk 🙂 karena sering format drive tidak bagus juga loh.

Sekian,

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?

Loading...