Penyebab dan Cara Jitu Mengatasi Laptop Yang Lemot Tanpa Install Ulang

Kali ini saya akan share tips yang mungkin bermanfaat bagi kamu semua pengguna laptop ataupun komputer, bagaimana cara agar laptop atau komputer kita tidak lemot, hang, atau eror lainnya. Tips ini sangat sederhana,  ga perlu ribet untuk mempraktekannya. Yuk simak tips nya dibawah ini.

1. Kapasitas Harddisk yang Menipis (Banyak nya aplikasi yang terpasang)

Mungkin disini Anda jarang memerhatikan sisa dari harddisk Anda, disarankan jangan terburu-buru dalam menginstall sebuah aplikasi, lihat dulu kapasitas harddisk, jika masih cukup bisa dilanjut, kalo sudah dirasa mepet ya di tahan dulu karena harddisk yang sudah menipis tentu akan mengurangi kinerja laptop atau komputer Anda lama-lama akan menurun. Jadi alangkah baiknya Anda hapus aplikasi-aplikasi yang memang dirasa tidak perlu atau mungkin jarang di pakai, dan install lah aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Proses Aplikasi yang Aktif Terlalu Banyak

Pada kasus ini terjadi karena menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan, atau bisa dikatakan Anda sedang menjalankan aplikasi firefox, game, ms. office dan lainnya dengan bersamaan tentu akan menurunkan kecepatan laptop, sebenarnya memang laptop atau komputer sudah di fasilitasi multitasking yaitu dimana Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, tapi disarankan jangan terlalu banyak juga. Jadi kalo sudah selesai berbincang-bincang dengan aplikasi itu, tutuplah terlebih dahulu dan selanjutnya baru buka aplikasi yang lain.

3. Prosesor Sedang Overheating

Apa itu prosesor? merupakan icu/otak komputer yang berfungsi sebagai pengolah data bagi sebuah program atau aplikasi yang sedang dijalankan oleh si pemakai. Mungkin laptop atau komputer yang lemot bisa disebabkan di kasus ini, yaitu dimana beberapa komponen laptop mengalami kepanasan yang tinggi. Alangkah baiknya janganlah terlalu lama memakai laptop atau komputer, pakailah sewajarnya saja jangan pakai sampe 7 hari ya heheheh just for fun. Dan saat Anda sudah mematikan laptop, diusahakan jika ingin menghidupkan lagi tunggu sampai 15-20 menit. Dia juga ingin istirahat ūüôā

4. Spesifikasi Laptop Terlalu Kecil dari yang di Butuhkan Sebuah Aplikasi

Masalah lemot kali ini mungkin terjadi saat Anda memainkan game-game dengan ukuran besar, yang dimana laptop atau komputer Anda tidak kuat dalam menjalankan game tersebut, yang bisa disebut tidak memenuhi syarat game itu. Sebelum Anda menginstall game, perhatikan dulu spesifikasi RAM nya, sisa harddisk, VGA dan lainnya, jika laptop Anda memiliki spesifikasi masih di bawah game tersebut, disarankan jangan menginstallnya, memang bisa, tapi berdampak pada permainan game itu sendiri, lemot, lag, bisa laptop hang. Jadi jika ingin memainkan game itu, lakukanlah upgrade laptop.

5. Virus dan (junk) File Sampah yang Menumpuk

Virus tentunya juga bisa memperlambat kinerja laptop dengan segala aksinya, jadi pasang antivirus dari pengembang terpercaya dan update rutin antivirus tersebut. Pada kasus lain yang menyebabkan lemot ialah banyaknya file sampah (junk) yang menumpuk pada harddisk, lakukanlah pembersihan secara berkala memakai aplikasi pembersih seperti, Ccleaner, TuneUp Utilities dan semacamnya.

6. Kerusakan Pada Komponen Laptop
Masalah ini mungkin masalah serius yang menyebabkan kelemotan, seperti harddisk, VGA atau lainnya yang rusak. Dengan kasus itu solusinya ganti dengan komponen yang baru.

Jadi intinya rawatlah laptop atau komputer Anda seperti merawat diri sendiri, apalagi laptop tersebut hasil dari jerih payahmu sendiri, sebisa mungkin jangan sampai laptop rusak dalam jangka waktu yang pendek. Install antivirus yang baik, bersihkan secara rutin file sampah, belajar membersihkan komponen sendiri, atau bisa meng upgrade komponen.

Sekian tips sederhana kalini ini, semoga bermanfaat.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?