Cara Menambah User Baru di WordPress dengan Mudah

WordPress merupakan sebuah platform open source pembuatan website yang paling banyak digunakan di dunia, dengan wordpress kamu bisa membuat sebuah website dengan cukup mudah karena user friendly nya yang sangat bagus, gampang dioperasikan meskipun untuk pemula sekalipun.

WordPress sendiri adalah salah satu dari banyak nya jenis CMS (Content Management System) yang populer digunakan. Berbasis bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL yang cukup familiar bagi banyak kalangan.

Sesuai pembahasan kali ini, bagi kamu pengguna CMS WordPress dan ingin menambahkan user atau pengguna baru caranya cukup mudah. Ini berguna jika kamu menginginkan penulis ataupun admin baru pada website.

Langsung saja yuk kita coba bersama-sama..

1. Yang pertama tentu kamu harus login ke wordpress, setelah itu itu klik pada tab Users

Cara Menambah User Baru di WordPress dengan Mudah

2. Lalu akan muncul halaman user yang terdiri dari user milikmu sendiri, setelah itu klik Add new

Cara Menambah User Baru di WordPress dengan Mudah

3. Selanjutnya kamu isi kolom sesuai yang tersedia mulai dari username, email, first name, last name, website, password dan role user.

Cara Menambah User Baru di WordPress dengan Mudah

Oh iya untuk webiste bisa kamu kosongkan saja jika tidak ada. Yang perlu kamu perhatikan adalah pada bagian Role, itu merupakan pilihan hak akses untuk user yang kamu buat.

Pada role user terdapat berbagai pilihan jenis hak akses untuk user baru, mulai dari Seo Editor, Seo Manager, Subscriber, Contributor, Author, Editor dan Administrator, nah dari beberapa hak akses tadi hanya ada 5 yang perlu kamu pilih yaitu selain Seo Editor dan Seo Manager tadi.

1. Subscriber, merupakan hak akses terendah, tidak memilik kontrol apapun hanya dapat mengedit profil pribadinya saja.

2. Contributor, merupakan hak akses yang hanya dapat mengelola artikel nya sendiri saja tanpa bisa mempublish nya. Hanya dapat menambah, mengedit dan menghapus artikel.

3. Author, merupakan hak akses yang sama seperti contributor hanya saja dapat mempublikasikan artikelnya.

4. Editor, merupakan hak akses yang cukup kompleks, bisa mengontrol semua artikel mulai dari menambah, mengedit, mengahapus dan mempublish, termasuk artikel milik user lain. Hak akses ini juga bisa mengontrol halaman dan komentar.

5. Administrator, merupakan hak akses tertinggi dari semua hak akses yang ada. Mengontrol artikel, halaman, komentar, plugin, tema, pengguna dan semua pengaturan yang ada pada wordpress.

Nah sekarang tinggal kamu sesuaikan saja hak akses apa yang cocok untuk user yang kamu buat tadi. Dengan menerapkan hak akses yang sesuai, maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti mengubah pengaturan ataupun plugin tanpa seizin pemilik.

Pada umumnya hak akses yang paling banyak digunakan adalah Contributor dan Author, ini cocok untuk website kamu jika menginginkan seorang penulis saja, dalam artian hanya dapat mengontrol artikel dan tidak bisa mengontrol pengaturan wordpress.

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?