[FIX] Cara Jitu Atasi Wireless Capability Is Turned Off Dengan Mudah

Wireless Capability Is Turned Off adalah sebuah masalah jaringan wifi yang tidak aktif, pesan ini muncul saat kamu mencoba men troubleshoot jaringan wifi yang tidak terdeteksi, artinya sistem tidak mendetekesi adanya jaringan wifi yang hidup  alias wifi sedang off. Masalah ini bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari driver wifi yang sudah usang, ataupun kerusakan komponen wifi.

Masalah ini kemarin juga sempat membuat saya sedikit panik, bingung dan hampir frustasi hehehe. Ya Wireless Capability Is Turned Off sempat terjadi di laptop milik teman saya, setelah dia instal ulang sistem operasinya dengan windows 7, selesai memasang driver wireless dengan benar tetapi wifi tetap tidak mau mendeteksi jaringan yang ada dengan icon tanda silang. Dibuatlah Saya semakin panik, karena biasanya icon wifi tanda silang terjadi jika user belum memasang driver wireless lan, atau bisa memasang driver yang salah, karena disetiap laptop/komputer terdapat chip wireless lan dengan tipe yang berbeda-beda, tapi faktanya Saya sudah memasang driver yang sesuai dengan benar tapi tetap nihil.

Perlahan-lahan saya mencoba mendiagnosis satu persatu kemungkinan penyebab masalah ini, yang pertama tentu yang saya lakukan adalah mencoba fitur troubleshooting yang tersedia, hasilnya setelah saya troubleshoot yang muncul ada dua kemungkinan penyebab masalah yang terjadi yaitu

  1. “Wireless Capability is Turned Off”

2. “A network cable is not properly plugged is or may be broken”

Jadi ada 2 masalah ditemukan, dari itu saya coba mendiagnosis satu persatu perkiraan yang menyebabkan masalah ini , mulai dari instal ulang driver wifi, enable disable adapater wifi, mengupdate driver via device manager, power management wifi, on off wifi via mobility center. Dan hasilnya tetap nihil gaes wkwkwk, saya berpikir kalau ini sudah pasti rusak di komponen hardware nya.

Bagaimana Solusinya?

Pastikan kamu sudah menginstall driver sesuai chip yang tertanam di laptop kamu. karena kalo tidak cara ini tidak akan bisa kamu lakukan alias sia-sia. Untuk cek jenis chip wifi yang tertanam, kamu bisa cek dibawah laptop disitu tertera beberapa tulisan mengenai wireless yang tertanam, atau kamu bisa memakai aplikasi portable  “Hardware Vendor Detection” kamu bisa cari di google. lalu download driver wifi yang sesuai chip tersebut.

Setelah sempat sedikit yah bisa dibilang lelah bin frustasi, saya lupa bahwa di setiap laptop itu pasti ada tombol keyboard kombinasi untuk meng on off kan wifi. Tanpa berpikir panjang saya coba gunakan fungsi kombinasi tombol tersebut, kebetulan tombol kombinasinya adalah Fn + F8. Dan ternyata berhasil gaes 😥

Ternyata sesimple itu yang bisa membuat orang pusing 7 turunan wkkwkw, manalagi bullyan jurusan teknik informatika yang dicap serba salah jika ngga bisa menyelesaikan masalah kecil seperti ini 🙂 dianggep bisa ngatasi semua apa?? ngga begitu tolonggggg, kita ini kaum coding 😀

Jadi buat kamu yang mungkin mengalami hal persis seperti ini, setelah sudah mencoba berbagai cara tapi tetap nihil, cobalah cara simple ini dengan menekan tombol kombinasi untuk menghidupkan wifi yaitu Fn + F8, tergantung merk laptop mempunyai tombol kombinasi yang berbeda, jadi kamu tinggal lihat icon wifi/internet di tombol paling atas keyboard, lalu kombinasikan dengan tombol Fn. Tapi dilaptop tertentu tanpa menggunakan Fn sudah bisa berfungsi.

Kesimpulannya setiap laptop/komputer saat secara default setelah install ulang tidak semua Wifi akan otomatis aktif meskipun sudah menginstall driver wifi. Di laptop merk 1 cukup install driver saja wifi secara otomatis akan aktif, di laptop merk 2 meskipun sudah menginstall driver wifi, jaringan masih tidak terdeteksi jadi harus menghidupkan terlebih dahulu dengan tombol kombinasi itu tadi, karena menghidupkan wifi via mobility center tetap tidak akan bisa.

Note: untuk pengguna windows 10 kamu bisa juga langsung menghidupkan melalui pengaturan wifi di Settings.

Sekian,
Salam

Artikel Lain Yang Mungkin Kamu Suka?

Loading...